Minggu, 08 April 2018

SOP DAN LANGKAH LANGKAH MEMANJAT TOWER

Edit Posted by with No comments


Assalamualaikum Wr. Wb.
Hay teman teman kali ini aku akan menuliskan SOP dan Langkah-langkah memanjat tower ayo simaklah

A.Pendahuluan
1.Pengertian
Tower adalah suatu susunan/rangkaian besi yang berbentuk segitiga dan segi empat yang disusun menjulang tinggi keatas yang struktur tinggi, lebih tinggi daripada luasnya, seringkali dengan margin yang signifikan biasanya sering digunakan untuk memasang jaringan.

2.Latar Belakang
SOP dan K3 sangatlah penting bagi seorang pekerja.

3.Maksud dan Tujuan
Agar dapat mengetahui bagaimana cara memanjat tower yang benar


Kesehatan dan Keselamatan Kerja

adalah bidang yang terkait dengan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan manusia yang bekerja disebuah institusi maupun lokasi proyek. Tujuan K3 adalah untuk memelihara kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja. K3 juga melindungi rekan kerja. Keluarga pekerja. Konsumen, dan orang lain yang juga mungkin terpengaruh kondisi lingkungan kerja

Kesehatan dan keselamatan kerja cukup penting bagi moral, legalitas, dan finansial. Semua organisasi memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa pekerja dan orang lain yang terlibat tetap berada dalam kondisi aman sepanjang waktu. Praktek K3 meliputi pencegahan, pemberian sanksi, dan kompensasi, juga penyembuhan luka dan perawatan untuk pekerja dan menyediakan perawatan kesehatan dan cuti sakit.
Beberapa tips memanjat tower:
  1. Pertama, kita harus mengidentifikasi nmasalah (memasang alat, mengecek jaringan atau memperbaiki), membagi wewenang dalam tim, dan mengecek kondisi (tower, spannet). Termasuk kondisi badan pemanjat.
  2. Sebelum memulai pekerjaan, sebaiknya melakukan breefing terlebih dahulu untuk mengecek kesiapan, baik alat-alat maupun tugas masing masing individu. Jumlah minimal per tim adalah 3 orang dengan tugas:
    -Satu orang bertugas dibagian alat, yaitu mengecek kelengkapan, kesiapan dan kebutuhan alat-alat yang akan digunakan, mengunpulkan dan menyiapkan alat alat baik sebelum maupun sesudah menyelesaikan tugas.
    -Satu orang sebagai penyetting, yaitu bertugas untuk mengkonfigurasi serta mengkoordinasi anggota timnya
    -Yang terakhir tentu saja pemanjat, tugasnya mengecek baut yang terpasang ditower pada setiap seasonnya (terlalu kencang dan kendor). Pemanjat ini harus benar benar mengerti titik ordinat, titik permasalahan, akan diarahkan kemana antenanya, peralatan yang akan digunakan, arah angin serta mengerti benar prosedur K3LH
  3. Saling mengingatkan satu sama lain (bila ada alat atau apapun yang ketinggalan tidak boleh menyalahkan satu sama lainnya)
  4. Saat akan memanjat. Harus memperhatikan hal-hal berikut:
    -Cek fisik tower (pastikan kuat dan masih bisa untuk dipanjat)
    -Cek kondisi fisik kita (apakah sehat atau sakit jika tidak usah memanjat karena akan berbahaya
  5. Cek Spannernya (tali pancang) karena kekuatan pipa sangat bertumpu pada spanner. Dan jika spannernya tidak kuat (bergoyang-goyang) maka akan mengganggu koneksi data, sehingga komputer akan mencari data secara terus menerus(searching)

Teknik memanjat tower:
  1. Pasang sabuk dengan benar dan pastikan nyaman untuk kalian
  2. Badan harus rileks dan jangan tegang, karena otot tangan bisa berpengaruh saat memanjat
  3. Pijak pada besi yang panjang atau sambungan las dengan kencang dan kuat
  4. Tangan berpegangan pada besi yang panjang atau sambungan las yang kencang dan kuat
  5. Posisi badan saat memanjat jangan membusung, namun juga jangan menempel pada besi
  6. Saat berhenti, kaki dan tangan harus dikancingkan pada tiang tower
  7. Bila ingin mengaitkan karabiner pada tiang tower, salah satu tangan harus mengunci pada tiang tower sedangkan yang satunya memegang /mengaitkan karabiner pada tiang tower. Begitu pula ketika kalian ingin turun, kalian juga harus melepaskan kait karabinernya.

Sekian yang dapat saya tuliskan jika ada yang kurang mohon dimaklumi
Wassalamualaikum Wr. Wb .

0 komentar:

Posting Komentar