Assalamualaikum wr. wb
Hay teman teman kali
ini aku akn menuliskan tentang SOP.. Apa sih itu SOP ayo simaklah??
A.Pendahuluan
1.Pengertian
SOP (Standart
Operasional Pekerja) adalah serangkaian instruksi kerja tertulis yang
dibakukan (terdokumentasi) mengenai proses penyelenggaraan
administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana
dan oleh siapa dilakukamn.
Menurut Tjipto
Atmoko, Standart Operasional Prosedur merupakan suatu pedoman atau
acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan
alat penilaian kinerja instansi pemerintah berdasarkan indikator
indikator teknis, administratif dan prosedural sesuai tata kerja,
prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.
Manfaat Standar
Operasional Prosedur:
-
Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan yang menyelesaikan tugasnya
-
mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas
-
Meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab individual pegawai dan organisasi secara keseluruhan
-
Membantu pegawai menjadi lebih mandiri dan tidak bergantung pada intervensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari hari
-
meningkatan akuntabilitas pelaksanaan tugas
-
memberikan informasi mengenai kualifikasi
Tujuan Standart
Operating Prosedure:
-
Agar petugas/pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas/pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja
-
Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap tipa posisi dalam organisasi
-
Memperjelas alur tugas. Wewenang, dan tanggung jawab dari petugas/pegawai terkait
-
Melindungi Organisasi/unit kerja dan petugas/pegawai dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya.
Fungsi Standart
Operating Prosedure:
-
Memperlancar tugas petugas/pegawai atau tim/unit kerja
-
Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan
-
Mengetahui dengan jelas hambatan hambatannya dan mudah dilacak
-
Mengarahkan petugas/pegawai untuk dispiln sama sama bekerja
Keuntungan adanya
Standart Operating Prosedure:
-
SOP yang baik akan menjadi pedoman bagi pelaksana, menjadi alat komunikasi dan pengawasan dan menjadi pekerjaan diselesaikan secara konsisten
-
Para pegawai akan lebih memiliki percaya diri dalam bekerja dan tahu apa yang harus dicapai dalam setiap pekerjaan
-
SOP juga bisa dipergunakan sebagai salah satu alat trainning dan bisa digunakan untuk mengukur kinerja pegawai
SIMBOL SIMBOL
STANDART OPERATING PROSEDURE:
1.Format umum SOP
Ada empat faktor
yang dapat dijadikan dasar dalam penentuan format penyusunan SOP yang
akan dipakai oleh suatu organisasi:
-
Banyaknya keputusan yang akan dibuat dalam suatu prosedur
-
Banyaknya langkah dan sub langka yang diperlukan dalam suatu prosedure
-
Siapa yang dijadikan target sebagai pelaksana standart operating prosedure
-
tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan Standart Operating Prosedure (SOP) ini
Ada 4 jenis format
umum SOP:
-
Langkah sederhana (simple steps)Simple steps dapat digunakan jika prosedure yang digunakan akan disusun hanya memuat sedikit kegiatan dan memerlukan sedikit keputusan yang bersifat sederhana.
-
Tahapan berurutan (hierarchical steps)Format ini merupakan pengembangan dari simple steps. Digunakan jika prosedure yang disusun panjang, lebih dari 10 langkah dan membutuhkan informasi yang lebih detail
-
Grafik (graphic)Format grafik ini bertujuan untuk memudahkan dalam memahami prosedur yang ada dan biasanya ditujukan untuk pelaksanaan eksternal organisasi (pemohon)
-
Diagram alir (flowchart)Flowchart merupakan format yang bisa digunakan, jika dalam SOP diperlukan pengambilan keputusan yang banyak (kompleks) dan membutuhkan opsi jawaban (alternatif jawaban) seperti: jawaban “ya” atau “tidak”. “lengkap” atau “tidak”. “benar” atau “salah”
2.Simbol simbol dalam prosedur kerja
a.Jenis jenis
simbol
-
Lingkaran besar (O)
-
belah ketupat
-
segi empat bujur sangkar
-
segitiga terbalik
-
segitiga ganda terbalik
-
lingkaran kecil
-
anak panah
b.Kegunaan simbol
simbol dalam prosedur
-
Jenis jenis pekerjaan. Tahap tahap. Gerakan gerakan, dan bagian bagian pekerjaan yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu bidang tugas
-
Waktu rata rata yang diperlukan baik untuk penyelesaian setiap tahap atau jenis pekerjaan dan waktu seluruhnya yang diperlukan untuk penyelesaian pekerjaan tersebut
-
Persyaratan kecakapan dan ketrampilan pegawai yang diperlukan untuk dapat mengerjakan pekerjaan dengan sebaik baiknya
-
Peralatan dan fasilitas kerja yang diperlukan untuk dapat mengerjakan pekerjaan
c.Aza azaz
penyusunan SOP
-
Asas pembukaan
-
asas pertanggung jawaban
-
asas kepastian
-
asas keseimbangan
-
asas keterkaitan
-
asas kecepatan dan kelancaran
-
asas keamanan
-
asas keterbukaaan
d.Prinsip
penyusunan SOP
-
SOP harus ditulis secara jelas
-
SOP harus dapat menjadi pedoman yang terukur baik mengenai norma waktu, hasil kerja yang tepat dan akurat, maupun rincian biaya pelayanan dan tata cara pembayaran bila diperlukan adanya biaya pelayanan
-
SOP harus dapaat memberikan kejelasann kapan dan siapa yang harus melaksanakan kegiatan, berapa lama waktu yang dibutuhkan dan sampai dimana tanggung jawab masing masing pegawai/pejabat
-
SOP harus sudah dirumuskan dan selalu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan kebijakan yang berlaku
f.Teknik menyusun
SOP
-
Sebagai pelaksana mengetahui SOP yang baru disusun dan alasan perubahannya
-
Salinan SOP disebarluaskan sesuai kebutuhan dan siap diaksses semua pengguna potensial
-
Setiap pelaksanaan mengetahui peranannya dalam SOP dan dapat menggunakan semua pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki untuk menerapkannya secara aman dan efektif
-
Ada mekanisme untuk memonitor/memantau kerja, mengidentifikasi nmasalah masalah yang mungkin timbul, dan menyediakan dukungan dalam proses penerapan SOP.
2.Latar Belakang
SOP sangat penting
untuk para pekerja
3.Maksud dan Tujuan
Bisa memahami SOP
dengan tepat
B.Referensi
Materi SOP dari
Repository
Sekian yang dapat
saya tuliskan. Wassalamualaikum wr. wb.
0 komentar:
Posting Komentar