Rabu, 07 Maret 2018

DNS Nawala

Edit Posted by with No comments

Assalamualaikum Wr. Wb.
Hay teman teman kali ini saya akan menuliskan tentang DNS Nawala dan bagaimana konfigurasinya...Ayo simaklan

A.Pendahuluan
1.Pengertian

Sistem penamaan Domain atau lebih dikenal dengan istilah Domain Name System (DNS) merupakan sebuah sistem yang menyimpan nama domain dalam sebuah basis data yang tersebar (distributed database) didalam jaringan komputer seperti internet. DNS memberikan layanan aplikasi untuk menterjemahkan sebuah domain ke IP Address. Pengertian DNS menurut browser google chrome adalah layanan jaringan internet yang menterjemahkan nama situs web menjadi alamat internet sebagai contoh situs nama domain www.google.com diterjemahkan ke alamat IP 72.125.93.105. DNS ini memberikan keuntungan bagi pengguna yaitu memudahkan pengguna karena tidak perlu mengingat alamat IP sebuah komputer dan cukup mengingat nama domain. DNS lebih konsisten karena nama domain tidak boleh berubah meskipun alamat IP komputer berubah-berubah.

Dalam mendukung penggunaan Nawala ini dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu menggunakan nawala dalam berinternet, memberikan masukam kepada nawala mengenai situs situs negative yang harus disaring, ikut menyebarkan penggunaan nawala, dan memberikan dana untuk layanan nawala.

2.Latar Belakang
 Di Indonesia terdapat nama DNS yang bisa digunakan dengan bebas tanpa biaya yaitu DNS Nawala. DNS Nawala berdasarkan www.nawala.org adalah layanan DNS yangbebas digunakan oleh pengguna akhir ataupenyedia jasa internet untuk mendapatkan akses internet bersih dan aman. Munculnya DNS Nawala ini dilatar belakangi oleh banyaknya situs situs negatif yang bisa merusak moral bangsa seperti situs pornografi dan perjudian. Tidak hanya itu DNS Nawala juga berkembang untuk menyaring situs situs yang berbahaya dan melanggar peraturan perundang undangan seperti situs penipuan, malware, dan pishing. Secara langsung DNS Nawala ini mendukung program pemerintah dalam menggalakkan program penggunaan internet sehat dan aman

3.Maksud dan tujuan
Berbagi ilmu yang telah kita dapatkan kepada orang lain

4.Alat dan bahan
  •  Laptop
  • Mikrotik
  • Kabel UTP 
5.Waktu Pelaksanaan
08:00 s/d 15:37

B.Tahap Kegiatan

1.Pastikan kita telah terkoneksi internet

2.Masuk ke menu IP>>DNS>>kemudian tambahkan server 180.131.144.144 dan 180.131.145.145. Selanjutnya beri tanda centang pada Allow Remote Request. Setelah itu klik Apply dan OK. 

3.Kemudian firewall>>Setelah itu masuk ke Tab Address List dan Pilih tanda [+] untuk menambahkan Firewall. Pada kolom Name beri nama DNS, sedangkan pada Address beri dengan alamat 180.131.144.144. Selanjutnya klik Apply kemudian OK.

  4.Setelah itu pilih tanda [+] lagi dan pada kolom Name beri nama DNS, sedangkan pada Address beri dengan alamat 180.131.145.145. Selanjutnya klik Apply kemudian OK.

5.Setelah itu pilih tanda [+] sekali lagi dan pada kolom Name beri nama DNS, sedangkan pada Address beri dengan alamat IP eth2. Selanjutnya klik Apply kemudian OK

6.Kemudian Kita pindah ke Tab Filter Rules. Setelah itu pilih tanda [+] selanjutnya isi Chain dengan " input ", Protocol dengan " udp ", Dst. Port dengan " 53 " dan In. Interface dengan " ether2 ".

7. Lalu Kita pindah ke Tab Advances dan pada Dst. Address List masukkan dengan DNS.

8.Pindah ke Tab Action, kemudian pada Action pilih " drop ". Setelah itu tekan tombol Apply dan kemudian tekan tombol OK.

9.Kemudian pilih tanda [+] sekali lagi. Selanjutnya isi Chain dengan " input ", Protocol dengan " 6(tcp) ", Dst. Port dengan " 53 " dan In. Interface dengan " ether2 ".

10.Pindah ke tab Advances dan pada Dst. Address List masukkan dengan DNS.

11.Pindah ke tab Action, kemudian pada Action pilih " drop ". Setelah itu tekan tombol Apply dan kemudian tekan tombol OK.

12.Selesai.sekarang Kita coba untuk membuka situs terlarang Maka situs tersebut tidak bisa di akses.

C.Kesimpulan
Saya masih belum melakukan konfigurasi karena takut masih bisa tembus untuk itu saya menuliskan cara nya untuk pemahaman saja..dengan begitu cara tersebut dapat saya simpulkan bahwa konfigurasi DNS Nawala hampir sama dengan konfigurasi pada firewall seperti address list layer 7 protokol dan lainnya.

D.Referensi
 http://fakhrudinblctelkom.blogspot.co.id/2016/01/memblokir-situs-dengan-dns-nawala-lewat.html
https://bpptik.kominfo.go.id/2014/11/19/651/dns-nawala/

0 komentar:

Posting Komentar