Senin, 12 Februari 2018

IP Static dan IP Dinamic

Edit Posted by with No comments
Assalamualikum wr.wb
Hay teman teman kali ini saya akan membahas seputar IP Static dan IP Dinamic. Ayo simaklah!

A.Pendahuluan
1.Pengertian
Ip Address singakatan dari internet protokol address adalah alamat yang ditentukan untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya.Namun sekarang kita akan membahas tentang Ip static dan Ip dinamic.

2.Latar belakang
Ingin memahami apa itu ip static dan ip dinamic

3.Maksud dan Tujuan
Agar bisa lebih mengetahui apa itu ip static dan ip dinamic

4.Uraian Materi
 
IP Static adalah IP yang didedicated dengan sebuah PC, komputer, atau perangkat networking lainnya (Router) .Ip Static biasa dipakai pada jaringan lokal, ip static ini biasa disetting pada router agar supaya mudah dikenali dan mudah diingat.
Alamat Ip Static adalah sebuah pemberian alamat IP yang tidak pernah berubah. Alamat IP static penting karena server memakai alamat IP ini dan mungkin mempunyai pemetaan DNS menunjuk kepada server.

 Kelebihan dari IP Static ini adalah kita dapat mengenali pelanggan dengan mudah dan mengenali pelanggan yang mempunyai bandwith besar dan bandwith standart sedangkan kekurangannya adalah dalam satu jaringan harus memerlukan lebih dari satu router.

IP Dinamic adalah Ip yang didapatkan oleh komputer/router lain dari sistem DHCP nya, IP yang didapatkan oleh PC ini bisa berubah-ubah.Alamat IP dinamic diberikan oleh ISP untuk node yang tidak permanen terhubung ke internet seperti komputer dirumah, komputer yang menggunakan sambungan dial-up.   Ip dinamic didapatkan dari router menggunakan DHCP server, logikanya seperti ini ip static digunakan sebagai in internet dan ip dinamic digunakan sebagai out internet.Ip dinamic adalah ip yang dipinjamkan ke komputer agar konek internet.

Ip dinamic memiliki batasan waktu dan batasan ip address.Router mempunyai DHCP server yang menyewakan ip address kepada client yang ingin terhubung dengan internet dan waktu sewanya pun sudah ditentukan oleh pihak admin yang mengelola jaringan.Sedangkan ip address yang disewakan mempunyai batasan yang sudah ditentukan oleh DHCP server.Contoh ip yang disewakan adalah 192.168.1.11 sampai 192.168.1.20 berarti client yang dapat konek adalah 10 client


  Kelebihan IP dinamic adalah lebih cepat transfer datanya dan lebih pasti dalam pembagian trafiknya, sedangakan kekurangannya adalah sering terjadi IP konflik dan harus mensetting ip address satu persatu.


 B.Kesimpulan
 IP Static merupakan pemberian alamat ip yang tidak berubah sedangkan Ip dinamic merupakan pemberian alamat ip yang berubah ubah dan memiliki batasan waktu dan ip address.




0 komentar:

Posting Komentar