Sabtu, 10 Februari 2018

TCP/IP

Edit Posted by with No comments

Assalamualaikum wr.wb
Hay teman-teman kali ini saya akan mempelajari tentang TCP/IP
Ayo kita pelajari bersama-sama

1.PengertianTCP/IP

TCP/IP singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol yang terjemahkan menjadi protokol kendali transmisi /protokol internet yang merupakan gabungan dari protokol TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol) sebagai sekelompok yang mengatur komunukasi data dalam proses tukar menukar data dari satu komputer kekomputer lain dalam suatu jaringan internet yang akan memastikan pengiriman data sampai kealamat yang dituju.

2.Arsitektur dari TCP/IP

Arsitektur TCP/IP tidaklah berbasis model referensi 7 lapisan OSI, tetapi menggunakan model referensi DARPA.Berikut ini adalah lapisan utama dalam protocol TCP/IP :
  • Protokol Lapisan Aplikasi, bertanggung jawab menyediakan akses kepada aplikasi terhadap layanan jaringan TCP/IP. Protokol ini mencakup protokol Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) , Domain Name System (DNS) , Hypertext Transfer Protocol (HTTP), File Transfer Protocol (FTP), Telnet, Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), Simple Network Management Protocol(SNMP), dan masih banyak lagi protokol lainnya.Dalam beberapa implementasi stack protokol, seperti halnya Microsoft TCP/IP , protokol protok lapisan aplikasi berinteraksi dengan menggunakan antarmuka Windows Socket (winsock) atau NetBIOS over TCP/IP (NetBT).
  • Protokol Lapisan Antar Host: berguna untuk membuat komunikasi menggunakan sesi koneksi yang bersifat connection-oriented atau broadcast yang bersifat connectionless.Protokol dalam lapisan ini adalah Transmission Control Protocoll (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP).
  • Protokol lapisan internetwork: bertanggung jawab untuk melakukan pemetaan (routing) dan enkapsulasi paket paket data jaringan menjadi paket paket IP. Protokol yang bekerja dilapisan ini adalah Internet Protocol (IP), Address Resolution Protocol (ARP), Internet Control Message Protocol (ICMP), dan internet Gruop Management Protocol (IGMP).
  • Protokol lapisan antarmuka jaringan:bertanggung jawab untuk meletakkan frame-frame jaringan diatas media jaringan yang digunakan. TCP/IP dapat bekerja dengan banyak teknologi transport, mulai dari teknologi transport dalam LAN(seperti halnya Ethernet dan Token Ring), MAN, WAN (seperti halnya dial-up modem yang berjalan diatas Public Switched Telephone Network (PSTN), Integrated Services Digital Network (ISDN)serta Asynchronous Transfer Mode (ATM)).

3.Pengalamatan TCP/IP

Prokotol TCP/IP menggunakan 2 skema pengalamatan yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi komputer dalam suatu jaringan atau jaringan dalam sebuah internetwork,yakni:
  • Pengalamatan IP: yang berupa alamat logis yang terdiri dari 32 bit (4 oktet yang berukuran 8 bit) yang umumnya ditulis dalam format www.xxx.yyy.zzz . Dengan menggunakan Subnetmask yang diasosiasiakan dengannya, sebuah alamat IP pun dapat dibagi menjadi 2 yaitu NetID (jaringan lokal dalam sebuah inernetwork) dan HostID (Host dalam jaringan). Contohnya alamat 205.116.008.044 dapat dibagi dengan menggunakan subnetmask 255.255.255.000 kedalam network ID 205.116.008.000 dan Host Id 44 host.
  • Fully Qualified Domain Name (FQDN), Alamat ini merupakan alamat yang dipresentasikan dalam alfanumerik yang diekspresikan dalam bentuk <nama_host>.<nama_domain> dimana <nama_domain> mengidentifikasi jaringan dimana sebuah komputer berada, <nama-host>mengidentifikasi sebuah komputer dalam jaringan.Pengalamatan FQDN digunakan olehskema penamaan Domain Name Sysrem (DNS)

4.Layanan TCP/IP
  • Pengiriman Berkas (File Transfer) , File Transfering Protocol (FTP) memungkinkan penggunak komputer yang satu untuk dapat mengirim ataupun menerima berkas kesebuah host dalam suatu jatingan.
  • Remote Login, Network Terminal Protocol (telnet) memungkinkan pengguna komputer dapat melakukan login kedalam suatu komputer didalam suatu jaringan yang jauh.Yang berrati bahwa pengguna menggunakan komputernya sebagai perpanjangan tangan dari komputer jaringan tersebut
  • Computer Mail, digunakan untuk menerapkan sistem surat elektronik.
  • Network File System (NFS) , Pelayanan akses berkas berkas yang dapat diakses dari jarak jauh yang memungkinkan klien klien untuk mengakses berkas pada jaringan komputer,seolah olah berkas tesebut disimpan secara lokal.
  • Remote Execution, memungkinkan pengguna komputer untuk menjalankan suatu program tertenti didalamkomputer yang berbeda.Biasanya berguna jika pengguna menggunakan komputer yang tebatas, sedangkan ia memerlukan sumber yang banyak dalam suatu sistem komputer.Ada beberapa jenis remote execution, ada yang berupa perintah perintah dasar, yaitu yang daat dijalankan dalam system komputer yang sama dan ada pula sistem yang menggunakan sistem Remote Procedure Call (RPC)
  • Name Server, yang berguna sebagai penyimpanan basis data nama host yang digunakan dalam internet.
Sekian yang dapat saya tuliskan. Semoga bermanfaat:)

Wassalamualaikum wr. wb.

0 komentar:

Posting Komentar