Senin, 05 Februari 2018

Peralatan Jaringan

Edit Posted by with No comments
Assalammualaikum wr.wb.
Hallo teman-teman disini saya akan membahas peralatan apa saja yang digunakan dalam sebuah jaringan. Ayo kita pelajari apa saja peralatannya...

A.PENDAHULUAN
            
Pada Jaringan komputer terdapat beberapa macam Hardware. Diantaranya adalah server, workstation, NIC, switch, hub, router, bridge, repeater, kabel dan konektor dll yang mempunyai fungsi dan karekteristik sendiri-sendiri. Dibawah ini sedikit keterangan mengenai beberapa hardware tersebut :

  • Macam macam peralatan jaringan:
  1. Server
              Server merupakan hati suatu jaringan. Server biasanya merupakan komputer berkecepatan tinggi dengan kapasitas memori (RAM) dan simpanan yang besar, dan dihubungkan dengan antarmuka jaringan yang cepat (fast network interface). Sistem operasi jaringan bekerja pada komputer tersebut, bersama perangkat lunak aplikasi dan file data yang diperlukan.
    
   
2.WORKSTATION
Semua komputer yang terhubung dengan server pada jaringan disebut workstation. Workstation merupakan komputer standar yang dikonfigurasi menggunakan kartu jaringan, perangkat lunak jaringan dan kabel kabel yang diperlukan. Beberapa workstation tidak membutuhkan simpanan lokal seperti flopy disk atau harddisk. Hal ini disebabkan karena semua file kerja dapat disimpan pada server.

3.HUB
Hub merupakan perangkat yang dimanfaatkan untuk menghubungkan kabel-kabel jaringan dari setiap komputer/perangkat lain.Hub merupakan pusat koneksi semua node jaringan. Semua peralatan jaringan dihubungkan satu dengan yang lainnya melaui hub. Hub bertindak sebagai titik pengendali untuk aktivitas sistem, pengelolaan serta pengembangan jaringan.Fungsi dari hub:
  1. sebagai penguat sinyal jaringan
  2. sebagai penghubung komputer server dan komputer client
  3. untuk menghubungkan komputer yang jaraknya cukup jauh

4.NIC (Network Interface Card)
NIC merupakan peralatan yang memungkinkan terjadinya hubungan antara jaringan dengan komputer workstation atau jaringan dengan komputer server. Kebanyakan NIC merupakan peralatan unternal yang dipasangkan pada slot ekspansi dalam komputer baik slot ekspansi ISA maupun slot ekspansi PCI. Bahkan pada beberapa mainboard komputer NIC sudah terpasang secara onboard, serta dalam notebook NIC terkadang dipasang pada slot PCMCIA. NIC merupakan faktor yang sangat menentukan dalam kecepatan serta kinerja suatu jaringan.

5.Switch
Switch bekerja pada lapisan datalink sehingga sering disebut sebagai switch lapisan ke dua (Layer-2 switch). Cara kerja switch mirip dengan bridge yaitu mampu untuk mengenal alamat MAC. Switch memiliki tabel penerjemah yang secara otomatis membuat daftar alamat MAC dari komputer yang berada di jaringan. Dengan menggunakan tabel alamat ini, switch meneruskan data ke alamat MAC komputer yang dituju.

6.Router
Router merupakan alat yang memiliki kemampuan untuk melakukan penyaringan danpengaturan terhadap data dari satu jaringan LAN ke satu jaringan LAN lainnya berdasarkan aturan dan dan jenis protokoltertentu dimana hal itu bertujuan agar data tidak tercampur dengan data lainnya

7.Bridge

Merupakan alata yang berfungsi membagi sebuah jaringan besar menjadi dua jaringan yang lebih kecil, sehingga menjadi jaringan yang lebih efisien. Bridge dapat memonitor lalu lintas informasi pada kedua jaringan sedemikian, sehingga paket informasi dapat dilewatkan pada lokasi yang benar. Bridge dapat memeriksa pesan dari kedua jaringan dan jika perlu memancarkannya (broadcast) ke jaringan yang lain. Bridge dapat digunakan untuk menghubungkan dua tipe pengkabelan atau tipe topologi jaringan yang berbeda asalkan dua jaringan tersebut memiliki protokol yang sama.

8.Repeater
Adalah alat yang dapat menguatkan (boost) isyarat jaringan yang melintasinya. Repeater melakukan penguatan dengan cara memperbaiki secara elektrik isyarat yang diterima yang terpisah atau menjadi satu dengan konsentrator. Repeater digunakan apabila jarak tempuh isyarat yang melalui kabel melebihi jarak tempuh standar kabel yang digunakan. Untuk kabel UTP memiliki jarak jangkauan kira kira mencapai 100 meter dan kabel koaksial RG-58 memiliki jarak jangkauan kira kira mencapai 185 meter.
9.Kabel Jaringan
Kabel jaringan merupakan kabel yang berfungsi sebagai media penghubung antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya atau penghubung antara komputer dengan beberapa jaringan lainnya.
Tipe tipe kabel yang saat ini banyak digunakan adalah:
  1. twisted pair cable(
  2. shielded twisted pair(STP)
  3. unshielded twisted pair(UTP)
  4. coaxial cable
9.Modem
Modem berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog,atau sebaliknya,sehinmgga dapat dimengerti oleh bahasa mesin.modem biasanya digunakan untuk koneksi memalui saluran telepon. Ada 2 macam modem yaitu:
  1. Modem Internal, yaitu modem yang dipasang didalam komputer.
    2. Modem External, yaitu modem yang dipasang di luar komputer.

B.Kesimpulan
Setiap peralatan jaringan memiliki kegunaan yang berbeda beda. Namun semuanya sangat diperlukan dalam jaringan

C.Referensi dan daftar pustaka
  1. http://www.seputarit.com/alat-alat-jaringan-komputer-beserta-gambar-dan-penjelasannya.html
  2. http://nasahaki-komputer.blogspot.co.id/2012/09/peralatan-jaringan.html
  3. https://rulrid.wordpress.com/2010/03/22/peralatan-jaringan-komputer/




0 komentar:

Posting Komentar