Selasa, 06 Februari 2018

OSI LAYER

Edit Posted by with No comments



Assalamualaikum wr.wb
Hayy teman-teman disini saya akan mempelajari tentang OSI. Ayo kita pelajari bersama-sama.
A.Pendahuluan
 1.Pengertian OSI Layer
 Open System Interconnection atau biasa yang disebut OSI layer merupakan penyatuan standar pada komunikasi antar komputer yang berbeda dari berbagai vendor yang berbeda, standar yang ditetapkan oleh ISO (Internasional Organization of Standardization membuat arsitektur komunikasi yang mendefinisikan standar untuk menghubungkan komputer-komputer dari vendor-vendor yang berbeda.
 2.Latar belakang
   Sebelum kita mempelajari tentang mikrotik kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu OSI.
3.Maksud dan Tujuan
   Agar kita bisa memahami dan mengerti tentang OSI
4.Uraian
Model OSI
Model referensi jaringan terbuka OSI atau OSI referensi model for opening networking adalah sebuah model arsitektual jaringan yang dikembangkan oleh badan Internasional Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. Model OSI diciptakan oleh internasional Organization For Standarization (ISO) yang menyediakan kerangka logika terstruktur bagaimana proses komunikasi data berinteraksi melalui jaringan. Standard ini dikembangkan untuk industri komputer agar komputer dapat berkomunikasi pada jaringan yang berbeda secara efisien.Terdapat 7 layer pada model OSI ini. Model layer OSI dibagi dalam dua grup yaitu:
  1. Upper Layer, fokus pada aplikasi pengguna dan bagaimana file dipresentasikan dikomputer
  2. Lower layer, aalah intisari komunikasi data melalui jaringan aktual.

OSI referensi model memiliki 7 lapis, yakni sebagai berikut:
  1. Layer 7 (Layer Application), berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan. Protokol yang berada dalam lapisan ini adalah HTTP ,FTP, SMTP, dan NFS
  2. Layer 6 (Layer Presentation), berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi kedalam format yang dapat ditrasmisikan kedalam jaringan protokol yang berada didalam level ini adalah perangkat lunak redirektor (redirector software), seperti layanan workstation (dalam wondows NT) dan juga network shell(semacam Virtual Network Computing(VNC)) atau Remote Desktop Protocol(RDP)).
  3. Layer 5 (Session Layer), berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara, atau dihancurkan. Selain itu, dilevel ini juga dilakukan resolusi nama.
  4. Layer 4 (Transport Layer), berfungsi untuk memecah data kedalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disususn kembali pada sisi tujuan setelah diterima. Selain itu, pada level ini juga membuat sebuah tanda bahwa paket diterima dengan sukses (acknowledgement), dan mentransmisikan ulang terhadp paket-paket yang hilang di tengah jalan.
  5. Layer 3 (Network Layer), Berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat header untuk paket-paket, dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch layer-3.
  6. Layer 2 (Data-Link Layer), Befungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format yang disebut sebagai frame. Selain itu, pada level ini terjadi koreksi kesalahan, flow control, pengalamatan perangkat keras (seperti halnya Media Access Control Address (MAC Address)), dan menetukan bagaimana perangkat-perangkat jaringan seperti hub, bridge, repeater, dan switch layer 2 beroperasi. Spesifikasi IEEE 802, membagi level ini menjadi dua level anak, yaitu lapisan Logical Link Control (LLC) dan lapisan Media Access Control (MAC).
  7. Layer 1 (Physical Layer), Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (seperti halnya Ethernet atau Token Ring), topologi jaringan dan pengabelan. Selain itu, level ini juga mendefinisikan bagaimana Network Interface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio.


Keuntungan dan Kerugian Model OSI
  • a.Keuntungan
    Keuntungannya adalah Memberikan bahasa dan referensi yang sama antar sesame professional jaringan ,Membagi tugas-2 jaringan ke dalam layer-2 logis demi kemudahan dalam pemahamanMemberikan keleluasaan fitur-2 khusus pada level-2 yang berbeda , Memudahkan dalam troubleshooting , Mendorong standard interoperability antar jaringan dan piranti 
  • b.Kerugian
kerugiannya adalah Layer-2 OSI adalah teoritis dan tidak melakukan fungsi-2 yang sesungguhnya , Dalam implementasi industry jarang sekali mempunyai hubungan layer-ke- layer , Protocol-2 yang berbeda dalam stack melakukan fungsi-2 yang berbeda yang membantu dan mengirim data pesan secara keseluruhan , Implementasi suatu protocol tertentu bisa tidak mewakili setiap layer OSI (atau bisa tersebar di beberapa layer.

CARA KERJA MODEL OSI
Cara Kerja : Pembentukan paket dimulai dari layer teratas model OSI. Aplication layer megirimkan data ke presentation layer, di presentation layer data ditambahkan header dan atau tailer kemudian dikirim ke layer dibawahnya, pada layer dibawahnya pun demikian, data ditambahkan header dan atau tailer kemudian dikirimkan ke layer dibawahnya lagi, terus demikian sampai ke physical layer. Di physical layer data dikirimkan melalui media transmisi ke host tujuan. Di host tujuan paket data mengalir dengan arah sebaliknya, dari layer paling bawah kelayer paling atas. Protokol pada physical layer di host tujuan mengambil paket data dari media transmisi kemudian mengirimkannya ke data link layer, data link layer memeriksa data-link layer header yang ditambahkan host pengirim pada paket, jika host bukan yang dituju oleh paket tersebut maka paket itu akan di buang, tetapi jika host adalah yang dituju oleh paket tersebut maka paket akan dikirimkan ke network layer, proses ini terus berlanjut sampai ke application layer di host tujuan. Proses pengiriman paket dari layer ke layer ini disebut dengan “peer-layer communication.

B.Kesimpulan
Dengan mempelajari tentang OSI kita bisa memahami apa saja layer-layer yang ada di OSI apa kegunaanya dan bagaimana cara kerjanya.

C.Referensi&Daftar Pustaka
  • http://annisamizukialzedy.blogspot.co.id/2013/10/osi-open-system-interconnection.html
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Model_OSI
  • https://www.haikars.net/2017/11/materi-model-referensi-osi-lengkap.html

0 komentar:

Posting Komentar