Sabtu, 03 Februari 2018

Sejarah Perkembangan Komputer

Edit Posted by with 1 comment

Assalamualaikum wr.wb.

hai teman teman disini saya akan memberi sedikit penjelasan tentang sejarah perkembangan komputer dari masa ke masa. Sebelum membahas sejarah perkembangan komputer mari kita bahas terlebih dahulu apa itu  komputer???

A.Pendahulan

1.Pengertian komputer

Komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare, yang berarti mengitung. Jadi pengertian komputer adalah mesin hitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, lalu diolah sesuai dengan program yang tersimpan dalam memorinya dan output berupa informasi.

Baiklah mari kita bahas sejarah perkembangan komputer. Sejarah perkembangan komputer dimulai dari generasi pertama sampai generasi kelima.

1.Komputer generasi Pertama

Komputer generasi pertama adalah ENIAC, yang merupakam komputer elektronik pertama didunia yang mpempunyai bobot sebesar 30 ton, panjang 30 meter, dan panjang 2,4 meter dan membutuhkan daya listrik sebesar 174 KW. Komputer ini menggunakan tabung hampa udara yang terbuat dari kaca sebagai penguat sinyal. Namun hal tersebut masih mempunyai banyak kendala seperti mudah pecah dan cepat menyalurkan panas

2.Komputer generasi Kedua

Komputer generasi kedua ditemukan pada tahun 1960 dan sudah menggunakan transistor sebagai pengganti tabung hampa udara. Dengan ditemukannya transistor tentunya mengubah semua ukuran mesin mesin elektronik. pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan dan lebih hemat energi dibandingkan komputer generasi pertama.

3.Komputer generasi Ketiga

komputer generasi ketiga muncul pada era 1965-1971 an transistor yang dianggap tidak  efisien lagi membuat para ilmuwan mencari alternatif lain dan kemudian ditemukan pada batu kuarsa. Jack Kibly seorang insinyur di Texas mengembangkan IC(Integrated Circuit) ditahun 1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga.

4.Komputer generasi Keempat

Setelah IC ditemukan, perkembangan komputer semakin pesat dan jelas. pada tahun 1971, chip INTEL 4004 membawa kemajuan besar dalam dunia IC. INTEL berhasil memasukkan semua komponen da;am sebuah komputer ke dalam sebuah chip tunggal yang sangat kecil, jika sebelumnya IC digunakan untuk mengerjakan pekerjaan tertentu saja maka pada masa ini mikroprosesor dapat di produksi dan di program untuk menjalankan seluruh kebutuhan yang di inginkan.

5.Komputer generasi Kelima

Komputer generasi kelima merupakan komputer yang kita gunakan sekarang. dimana pada generasi ini di tandai dengan munculnya LSI(large scale integration). pada generasi ini di tandai dengan munculnya mikroprosesor dan semikonduktor.

2.Latar belakang dan batasan

sebelum kita mempelajari sesuatu hal kita harus mempelajari dasar dasarnya terlebih dahulu.

3.Maksud dan tujuan

Kita dapat memahami apa itu komputer dan bagaimana perkembangannya

4.Hasil yang diharapkan

Kita lebih paham tentang pengertian komputer dan mengetahui bagaimana sejarah komputer dari mulai bentuk yang besar hingga kecil.

5.Jangka waktu pelaksanaan

Dari awal kita membaca sampai kita paham

6.Hasil yang didapat

Kita bisa tahu pengertian komputer dan bagaimana perkembangannya

B.Kesimpulan

Perkembangan komputer sangatlah cepat,dimulai dari bentuk yang paling besar hingga bentuk yang kecil sehingga mudah digunakan oleh banyak orang.

C.Referensi dan daftar pustaka

http://masterz-seo.blogspot.com/2013/12/sejarah-perkembangan-komputer-lengkap.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_perkembangan_komputer

 

Sekian yang dapat saya tuliskan semoga bermanfaat!!!

wassalamualaikum wr.wb

1 komentar: