Sabtu, 24 Februari 2018

Pengenalan Unicast, Multicast, Broadcast dan Anycast

Edit Posted by with No comments
Assalamualaikum Wr. Wb.
Hae teman teman kali ini aku akan membahas  Unicast, Multicast, Broadcast dan Anycast. Ayo simaklah :)


A.Pendahuluan
1.Pengertian
Berdasarkan tujuan paket data di jaringan komputer, paket data terbagi menjadi 4 yaitu Unicast, Broadcast, Multicast dan Anycast. Istilah broadcast sepertinya lebih sering didengar oleh kita semua dibandingkan dengan lainnya. Unicast merupakan jenis paket yang berasal dari satu titik dan memiliki tujuan hanya satu titik yang lain

2.Latar Belakang
Penggunaan IP Address merupakan hal sangat penting untuk membentuk sebuah komunikasi antar perangkat yang terhubung jaringan. Setiap jaringan dibangun tentunya memiliki model yang berbeda beda karena disesuaikan dengan kebutuhan yang yang ada. Dengan perbedaan topologi suatu jaringan maka terdapat juga perbedaan dalam penggunaan jenis alamat (Address Type).

3.Maksud dan Tujuan
Mampu Memahami Broadcast Unicast Multicast Anycast

B.Materi
  1. Unicast merupakan suatu metode pengiriman (transmisi) data dalam jaringan dengan mekanisme 1:1 atau PTP (Point To Point). Dengan kata lain pengiriman data dilakukan antara satu alamat pengirim dan satu alamat penerima. Ketika data berhasil diterima maupun gagal diterima, maka si pengirim akan memberikan informasi ke pengirim. Untuk topologi jaringan dengan komunikasi “Connection-Oriented” (TCP), jika data gagal diterima maka akan dilakukan pengiriman ulang sampai data dikirim secara lengkap. Contoh dari transmisi data menggunakan tipe alamat unicast sering dilakukan dalam komunikasi perangkat sehari hari, misal file sharing antar komputer, browsing, akses file server, dll.


  1. Broadcast merupakan metode pengiriman (transmisi) data kebanyak perangkat sekaligus atau PTMP (Pint To Multi Point). Dalam pengiriman ke banyak titik (point) dengan metode ini tidak perlu memperhatikan apakah data tersebut sampain ke penerima atau tidak. Metode komunkasi ini biasanya dilakukan pada saat perangkat yang bergabung didalam jaringan yang sama atau dengan kata lain tergabung dalam satu alamat broadcast yang sama. Kalau kita mempelajari subnet 192.168.1.0/24 maka alamat broadcastnya adalah 192.168.1.255 dan hal itu disebut subnet broadcast. Contoh penggunaan transmisi broadcast banyak digunakan pada siaran TV maupun radio. Dan sering kita temukan jugadigunakan dalam proses DHCP.


  1. Multicast merupakan metode yang digunakan juga hampir sama dengan broadcast. Namun perbedaanya untuk multicast ini akan melakukan transmisi data ke banyak titik (point) yang tergabung ke gruop alamat yang sama. Jadi jika da perangkat yang tidak tergabung dalam group maka tidak akan mendapatkan transmisi data. Dan alamat yang diguanakan biasa disebut alamat multicast. Ada beberapa contoh alamat multicast yang digunakan tergantung jenonis servicenya yaitu:
  • 224.0.0.18 = VRRP
  • 224.0.0.5 - 224.0.0.6 = LSA/DROSPF
  • 224.2.0.0 - 224.2.127. 253 = MULTIMEDIA CONFERENCE CALL

Contoh penggunaan dari multicast adalah Real-Time Streaming Video (RTSV).



4. Anycast merupakan sebuah metode pengiriman (transmisi) data Point-to-Point-Nearest. Bisa dibilang untukmekanisme dari anycast gabungan antara unicast dan multicast. Didalam transmisi anycast si pengirim dan si penerima mempunyai alamat yang jelas , namun untuk menuju ke penerima akan menggunakan titik (point) sebuah group yang memiliki jalur terdekat. Alamat ini hanya sebagai alamat tujuan (destination address) dan diberikan hanya pada router, bukan kepada host host biasa. Contoh penggunaan alamat anycast banyak ditemukan pada IPV6.

C.Kesimpulan
 Kita tahu fungsi dan perbedaan dari masing masing penggunaan jenis alamat jaringan


Sekian yang dapat saya tuliskan..semoga bermanfaat :)
Wassalamualaikum Wr. Wb.





0 komentar:

Posting Komentar